Kamis, 03 November 2011

Duniaindustri.com: Bank Pembangunan Daerah Bagi Hadiah Miliaran Rupiah

Cetak
Strategi membagi hadiah ikut meningkatkan jumlah penabung/ist
Duniaindustri (Oktober 2011) – Bank Pembangunan Daerah membagikan hadiah miliaran rupiah kepada nasabahnya. Dalam periode I Tahun XXII - 2011 Tabungan Simpanan Pembangunan Daerah (SIMPEDA) memberikan hadiah senilai Rp 900 juta. Pemenang hadiah utama senilai Rp 500 juta dimenangkan oleh nasabah Bank Jatim, kemudian 4 nasabah beruntung yang mendapatkan masing-masing Rp 100 juta adalah satu orang nasabah Bank Sulselbar, satu orang nasabah Bank NTT, satu orang nasabah Bank Kalbar, dan satu orang nasabah Bank Jambi.

“Undian Tabungan Simpeda ini kami lakukan setahun sekali sebagai apresiasi kepada para nasabah,” kata Direktur Eksekutif Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) Nazwar Nazir dalam keterangan tertulis.
Nazwar mengungkapkan bahwa perkembangan Tabungan Simpeda terus meningkat. Hingga akhir Juni 2011, jumlah nasabah tabungan Simpeda mencapai 5.150.758 penabung. Jumlah tersebut meningkat 5,19% dibanding periode Juni 2010 sebesar 4.896.450 penabung.
Dia menjelaskan, Tabungan Simpeda merupakan tabungan milik Bank Pembangunan Daerah yang dirancang secara khusus sebagai alat pemersatu Bank Pembangunan Daerah (BPD) seluruh Indonesia melalui semangat kebersamaan antar BPD yang berada dalam satu wadah Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda).
Nilai tabungan Simpanan Pembangunan Daerah (Simpeda) hingga semester I/2011 mencapai Rp 20,92 triliun atau meningkat 16,09% dari periode yang sama tahun lalu Rp 18,02 triliun.
Peningkatan ini seiring dengan kenaikan jumlah nasabah yang menabung ke Tabungan Simpeda. Jika pada semester I/2010 jumlah nasabahnya hanya 4.896.450 penabung, pada semester I/2011 lalu melonjak menjadi 5.150.758 penabung.
“Perkembangan Tabungan Simpeda terus meningkat. Terjadi peningkatan 5,19% pada semester I/2011 jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kondisi ini menandakan jenis tabungan ini disukai masyarakat,” ujarnya.
Untuk itu, kata Nazwar, Asbanda melalui Komite Pelaksanaan Undian (KPU) Simpeda, kembali akan menggelar acara Panen Rejeki BPD. Nazwar yang juga Ketua Komite Pelaksana Undian Simpeda Asbanda ini menjelaskan, Panen Rejeki BPD ini merupakan perhelatan akbar yang melibatkan BPD seluruh Indonesia dan digelar guna menyapa para nasabah setianya dari Sabang-Merauke.
Setelah enam bulan lalu, kegiatan ini dilaksanakan di Yogyakarta , pada 14 Oktober nanti yang menjadi tuan rumah Panen rejeki BPD (Penarikan Undian Nasional Tabungan Simpeda) Periode I tahun ke XXII-2011 adalah Bank Jambi.
“Besarnya hadiah undian Panen Rejeki BPD totalnya mencapai Rp6 miliar per tahun atau Rp3 miliar per periode (6 bulan sekali). Hadiah ini akan dimenangkan 584 pemenang,” kata Nazwar.
Selain diselenggarakan secara nasional, beberapa BPD juga menggelar Undian Lokal Tabungan Simpeda dengan hadiah beragam. Mulai dari mobil mewah, uang tunai dan ragam jenis hadiah lainnya dengan total miliaran rupiah.
“Undian Lokal Tabungan Simpeda oleh masing-masing BPD ini sebagai upaya untuk lebih mendekatkan diri dengan nasabah serta memberikan apresiasi pada nasabah loyal Tabungan Smpeda di daerahnya,” katanya.(Tim redaksi 03/sds)
Rekomendasi
Kenaikan nilai tabungan Simpeda menyiratkan peningkatan perekonomian daerah di Indonesia. Peningkatan perekonomian daerah juga ikut dipicu kenaikan pertumbuhan industri di daerah, baik yang berbasis sumber daya alam, UKM, ataupun manufaktur. Mestinya Simpeda ini dapat lebih mendorong perekonomian daerah dengan cara disalurkan kepada kredit produktif untuk menopang pertumbuhan industri UKM di daerah. Selain itu, tabungan Simpeda juga bisa digunakan untuk mendanai peningkatan kualitas industri sumber daya alam, seperti sawit, kakao, dan kopi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar